Obat Turun Berok dan Cara Mencegahnya

Turun berok atau hernia menjadi penyakit yang cukup mengancam bagi pria maupun wanita. Karena hal ini sangat menganggu bagian perut bawah. Istilah tersebut sering muncul ketika seseorang selalu beraktivitas dengan mengangkat beban berat. Ada beberapa jenis obat turun berok yang bisa digunakan untuk mengobatinya.

Hernia adalah terjadinya keluarnya organ usus yang ada dalam perut ke tempat yang tidak semestinya terjadi. Terdapat lubang yang dinamakan dengan lubang locus minoris. Lubang itulah yang menjadi lokasi usus keluar.

Hernia terjadi akibat tidak kuatnya otot perut dalam menahan tekanan yang terjadi dalam tubuh. Terkadang otot-otot didalam perut tersebut tertekan akibat sering mengangkat berat, sulit dalam buang air, dan juga karena batuk.

Jika hernia yang terjadi masih dalam tahap yang ringan, maka usus bisa kembali masuk ke posisi semula jika anda sedang dalam posisi tidur. Namun jika hernia sudah cukup parah, maka usus yang sudah keluar tidak dapat kembali masuk lagi. Bahkan usus yang keluar bisa tidak kembali lagi dalam posisi awal dan bisa membusuk lalu mati.

Ketika anda mengalami hernia, maka kondisi tersebut akan terlihat tanda-tanda umum yang terjadi pada tubuh anda. Gejala-gejala ini merupakan gejala yang umum terjadi pada penderita hernia. Berikut tanda-tanda turun berok.

Tanda-Tanda

– Rasa sakit pada perut bagian bawah ketika mengedan, mengangkat berat, atau saat anda batuk.
– Timbulnya tonjolan pada selangkangan, ukurannya akan meningkat ketika berdiri
– Adanya rasa sakit
– Demam
– Nyeri saat BAB maupun Pipis

Adakah bahan alami yang digunakan sebagai obat turun berok ?

Ada beberapa obat alami yang dapat anda gunakan sebagai obat turun berok. Tentunya obat-obat ini dapat digunakan bagi mereka yang masih dalam kondisi hernia yang ringan. Sehingga obat-obat tersebut bisa kembali menguatkan bagian tubuh yang lemah akibat dari hernia. Obat-obat tersebut yakni:

Jahe

Jahe memang sering digunakan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit. Salah satunya untuk menyembuhkan hernia. Hernia akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, sehingga jahe akan membantu anda untuk meredakan nyeri tersebut.

Teh Chamomile

Teh jenis ini sudah cukup lama digunakan untuk mengobati hernia. Anda harus secara rutin menyembuhkan rasa sakit yang timbul pada bagian perut dengan mengkonsumsi teh chamomile setiap hari. Dengan mengkonsumsi secara teratur maka anda bisa meredakan hernia.

Madu

Madu juga sebagai obat alami untuk mengobati hernia. Biasanya para penderita hernia mengkonsumsi madu dengan campuran telur ayam kampung, dan minyak samin untuk mengkonsumsi madu sebagai obat pereda sakit hernia.

Obat-obat tersebut hanya dapat membantu penderita hernia yang masih dalam tahap ringan. Dan bukan menyembuhkan, hanya dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh saja. Namun jika usus yang menyebabkan hernia sudah keluar dari wilayah yang tidak wajar maka sudah seharusnya anda melakukan operasi.

Operasi Hernia

Salah satu operasi yang dilakukan untuk mengatasi hernia adalah dengan mencoba menggeser hernia ke tempat semula. Setelah didorong maka dokter akan melakukan tindakan menyayat sebagian kulit untuk menghindari hernia kembali terjadi.

Meskipun ada tahap seperti itu, sebelum melakukan operasi, maka dokter harus memperhatikan beberapa hal terhadap pasiennya. Setelah itu, maka dokter akan melihat kondisi pasien, kondisi posisi hernia, dan juga melihat lokasi hernia yang terjadi pada pasien.

Pencegahan Hernia

Meskipun penyebab pasti dari hernia belum diketahui, namun hernia bisa dicegah dengan beberapa cara pencegahan yang dapat anda lakukan dimanapun dan kapanpun. Berikut beberapa pencegahan yang dapat anda lakukan.

– Konsumsi makanan berserat
– Minum air yang cukup
– Menjaga berat badan
– Jangan terlalu sering mengangkat hal-hal yang berat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*